Kamis, 11 November 2010

PEJADWALAN CPU


PENDAHULUAN


1.1    Latar Belakang
         penjadwalan CPU adalah basis dari multi programming sistem operasi. Dengan men-switch CPU diantara proses. Akibatnya sistem operasi bisa membuat komputer produktif. Dalam bab ini kami akan mengenalkan tentang dasar dari konsep penjadwalan dan beberapa algoritma penjadwalan. Dan kita juga memaparkan masalah dalam memilih algoritma dalam suatu sistem.
         Tujuan dari multi programming adalah untuk mempunyai proses berjalan secara bersamaan, unutk memaksimalkan kinerja dari CPU. Untuk sistem uniprosesor, tidak pernah ada proses yang berjalan lebih dari satu. Bila ada proses yang lebih dari satu maka yang lain harus mengantri sampai cpu bebas.
         Ide dari multi porgamming sangat sederhana. Ketika sebuah proses dieksekusi yang lain harus menunggu sampai selesai. Di sistem komputer yang sederhana CPU akan banyak dalam posisi idle.Semua waktu ini sangat terbunag,. Dengan multiprogamming kita mencoba menggunakan waktu secara produktif. Beberapa proses di simpan dalam memori dalam satu waktu. Ketika proses harus menuggu. Sistem operasi mengmbil cpu untuk memproses proses tersebut dan meninggalkan proses yang sedang dieksekusi.
         penjadwalan adalah fungsi dasar dari suatu sistem opersai. Hampir semua sumber komputer dijadwalkan sebelum digunakan. CPU salah satu sumber dari komputer yang penting yang menjadi sentral dari sentral penjadwalan di sistem operasi.


1.2    Rumusan Masalah
1.      Bagaimana penjadwalan dengan menggunakan strategi penjadwalan berprioritas    dan penjadwalan terjamin, ketika pemroses melakukan eksekusi proses yang berkaitan dengan operasi pada beberapa pheriperal I/O secara bersamaan?
2.      Bagaimana membedakan strategi penjadwalan berprioritas dan penjadwalan terjamin ketika penjadwalan tersebut bekerja pada pheriperal I/O?

1.3    Tujuan
1.      Memahami tentang konsep penjadwalan dengan menggunakan strategi penjadwalan berprioritas dan penjadwalan terjamin.
2.      Memahami perbedaan antara strategi penjadwalan berprioritas dan penjadwalan terjamin.




BAB II
PEMBAHASAN



2.1    Strategi penjadwalan
Terdapat dua strategi penjadwalan, yaitu :
1.   Penjadwalan nonpreemptive (run to completion)
      Proses diberi jatah waktu oleh pemroses, maka pemroses tidak dapat diambil alih oleh proses lain sampai proses itu selesai.
2.   Penjadwalan preemptive
      Proses diberi jatah waktu oleh pemroses, maka pemroses dapat diambil alih proses lain, sehingga proses disela sebelum selesai dan harus dilanjutkan menunggu jatah waktu pemroses tiba kembali pada proses itu. Berguna pada sistem dimana proses-proses yang mendapat perhatian/tanggapan pemroses secara cepat, misalnya : 
a.       Pada sistem realtime, kehilangan interupsi (tidak layani segera) dapat berakibat fatal.
b.      Pada sistem interaktif, agar dapat menjamin waktu tanggap yang memadai.   Penjadwalan secara preemptive baik tetapi harus dibayar mahal. Peralihan proses memerlukan overhead (banyak tabel yang dikelola). Supaya efektif, banyak proses harus berada di memori utama sehingga proses-proses tersebut dapat segera running begitu diperlukan. Menyimpan banyak proses tak running benar-benar di memori utama merupakan suatu overhead tersendiri.
Gambar : Tipe-tipe penjadwalan dikaitkan dengan diagram state

Algoritma-algoritma Penjadwalan
Berikut jenis-jenis algoritma berdasarkan penjadwalan :
1.      Nonpreemptive, menggunakan konsep :
a.       FIFO (First In First Out) atau FCFS (First Come First Serve)
b.      SJF (Shortest Job First)
c.       HRN (Highest Ratio Next)
d.      MFQ (Multiple Feedback Queues)
         Klasifikasi lain selain berdasarkan dapat/tidaknya suatu proses diambil secara
paksa adalah klasifikasi berdasarkan adanya prioritas di proses-proses, yaitu :
1.   Algoritma penjadwalan tanpa berprioritas.
2.   Algoritma penjadwalan berprioritas, terdiri dari :
a.       Berprioritas statik
b.      Berprioritas dinamis

2.2    Algoritma Preemptive
A. Round Robin (RR)
Merupakan :
*      Penjadwalan yang paling tua, sederhana, adil,banyak digunakan algoritmanya dan mudah diimplementasikan.
*      Penjadwalan ini bukan dipreempt oleh proses lain tetapi oleh penjadwal   berdasarkan lama waktu berjalannya proses (preempt by time).
*      Penjadwalan tanpa prioritas.
*      Berasumsi bahwa semua proses memiliki kepentingan yang sama, sehingga tidak ada prioritas tertentu.

         Semua proses dianggap penting sehingga diberi sejumlah waktu oleh pemroses yang disebut kwanta (quantum) atau time slice dimana proses itu berjalan. Jika proses masih running sampai akhir quantum, maka CPU akan mempreempt proses itu dan memberikannya ke proses lain. Penjadwal membutuhkannya dengan memelihara daftar proses dari runnable. Ketika quantum habis untuk satu proses tertentu, maka proses tersebut akan diletakkan diakhir daftar (list), seperti nampak dalam gambar berikut ini :

(a) : Daftar proses runnable. 
(b) : Daftar proses runnable sesudah proses b habis quantumnya.

Algoritma yang digunakan :
1.      Jika kwanta habis dan proses belum selesai, maka proses menjadi runnable dan pemroses dialihkan ke proses lain.
2.      Jika kwanta belum habis dan proses menunggu suatu kejadian (selesainya operasi I/O), maka proses menjadi blocked dan pemroses dialihkan ke proses lain.
3.      Jika kwanta belum habis tetapi proses telah selesai, maka proses diakhiri dan pemroses dialihkan ke proses lain.
 Diimplementasikan dengan :
1.  Mengelola senarai proses ready (runnable) sesuai urutan kedatangan.
2.    Ambil proses yang berada di ujung depan antrian menjadi running.
3.   Bila kwanta belum habis dan proses selesai, maka ambil proses di ujung depan
      antrian proses ready.
4.   Jika kwanta habis dan proses belum selesai, maka tempatkan proses running ke ekor     antrian proses ready dan ambil proses di ujung depan antrian proses ready.

            Switching dari satu proses ke proses lain  membutuhkan kepastian waktu yang digunakan untuk administrasi, menyimpan, memanggil nilai-nilai register, pemetaan memori, memperbaiki tabel proses dan senarai dan sebagainya. Mungkin proses switch ini atau konteks switch membutuhkan waktu 5 msec disamping waktu pemroses yang dibutuhkan untuk menjalankan proses tertentu. Dengan permasalahan tersebut tentunya harus ditetapkan kwanta waktu yang optimal berdasarkan kebutuhan sistem dari hasil percobaan atau data historis. Besar kwanta waktu beragam bergantung beban sistem. Apabila nilai quantum terlalu singkat akan menyebabkan terlalu banyak switch antar proses dan efisiensi CPU akan buruk, sebaliknya bila nilai quantum terlalu lama akan menyebabkan respon CPU akan lambat sehingga proses yang singkat akan menunggu lama. Sebuah quantum sebesar 100 msec merupakan nilai yang dapat diterima.

B.  Priority Schedulling (PS)
            Adalah tiap proses diberi prioritas dan proses yang berprioritas tertinggi mendapat jatah waktu lebih dulu (running).  Berasumsi bahwa masing-masing proses memiliki prioritas tertentu, sehingga akan dilaksanakan berdasar prioritas yang dimilikinya. Ilustrasi yang dapat memperjelas prioritas tersebut adalah dalam komputer militer, dimana proses dari jendral berprioritas 100, proses dari kolonel 90, mayor berprioritas 80, kapten berprioritas 70, letnan berprioritas 60 dan seterusnya. Dalam UNIX perintah untuk mengubah prioritas menggunakan perintah nice. 
Pemberian prioritas diberikan secara :
a.   Statis (static priorities)
      Berarti prioritas tidak berubah.
      Keunggulan :
*      Mudah diimplementasikan.
*      Mempunyai overhead relatif kecil.
   
      Kelemahan :
*      Tidak tanggap terhadap perubahan lingkungan yang mungkin menghendaki
*      penyesuaian prioritas.

b.   Dinamis (dynamic priorities)
      Merupakan mekanisme untuk menanggapi perubahan lingkungan sistem beroperasi. Prioritas awal yang diberikan ke proses mungkin hanya berumur pendek setelah disesuaikan ke nilai yang lebih tepat sesuai lingkungan.
      Kelemahan :
*      Implementasi mekanisme prioritas dinamis lebih kompleks dan mempunyai      overhead lebih besar. Overhead in diimbangi dengan peningkatan daya  tanggap sistem.
   
Contoh penjadwalan berprioritas :

      Proses-proses yang sangat banyak operasi masukan/keluaran menghabiskan     kebanyakan waktu menunggu selesainya operasinya masukan/keluaran. Proses-proses ini diberi prioritas sangat tinggi sehingga begitu proses memerlukan pemroses segera diberikan, proses akan segera memulai permintaan masukan/keluaran berikutnya sehingga menyebabkan proses blocked menunggu selesainya operasi masukan/keluaran. Dengan demikian pemroses dapat dipergunakan proses-proses lain. Proses-proses I/O berjalan paralel bersama proses-proses lain yang benar-benar memerlukan pemroses, sementara proses-proses I/O itu menunggu selesainya operasi DMA. 

      Proses-proses yang sangat banyak operasi I/O-nya, kalau harus menunggu lama untuk memakai pemroses (karena prioritas rendah) hanya akan membebani memori, karena harus disimpan tanpa perlu proses-proses itu dimemori karena tidak selesai-selesai menunggu operasi masukan dan menunggu jatah pemroses.

      Dalam algoritma berprioritas dinamis dituntun oleh keputusan untuk memenuhi kebijaksanaan tertentu yang menjadi tujuan. Layanan yang bagus adalah menset prioritas dengan nilai 1/f, dimana f adalah ration kwanta terakhir yang digunakan proses.
Contoh :
· Proses yang menggunakan 2 msec kwanta 100 ms, maka prioritasnya50.
· Proses yang berjalan selama 50 ms sebelum blocked berprioritas 2.
· Proses yang menggunakan seluruh kwanta berprioritas 1.

      Kebijaksanaan yang diterapkan adalah jaminan proses-proses mendapat layanan adil dari pemroses dalam arti  jumlah waktu pemroses yang sama. Keunggulannya penjadwalan berpriorita adalah memenuhi kebijaksanaan yang ingin mencapai maksimasi suatu kriteria diterapkan. Algoritma ini dapat dikombinasikan, yaitu dengan mengelompokkan proses-proses menjadi kelas-kelas prioritas. Penjadwalan berprioritas diterapkan antar kelas-kelas proses itu. 

      Algoritma penjadwal akan menjalankan : proses runnable untuk prioritas 4 lebih dulu secara round robin, apabila kelas 4 semua sudah diproses, selanjutnya akan menjalankan proses runnable untuk prioritas 3 secara round robin, apabila kelas 3 semua sudah diproses (habis), selanjutnya akan menjalankan proses runnable untuk prioritas 2 secara round robin, dan seterusnya, seperti dalam gambar
berikut :
Gambar : Skedul algoritma dengan empat klas prioritas

C.  Multiple Feedback Queues (MFQ)
Merupakan :
*      Penjadwalan berprioritas dinamis
      Penjadwalan ini untuk mencegah (mengurangi) banyaknya swapping dengan proses-proses yang sangat banyak menggunakan pemroses (karena menyelesaikan tugasnya memakan waktu lama) diberi jatah waktu (jumlah kwanta) lebih banyak dalam satu waktu. Penjadwalan ini juga menghendaki kelas-kelas prioritas bagi proses-proses yang ada. Kelas tertinggi berjalan selama satu kwanta, kelas berikutnya berjalan selama dua kwanta, kelas berikutnya berjalan empat kwanta, dan seterusnya. 
Ketentuan yang berlaku adalah sebagai berikut : 
*      Jalankan proses pada kelas tertinggi.
*      Jika proses menggunakan seluruh kwanta yang dialokasikan, maka diturunkan   kelas prioritasnya. 
*      Proses yang masuk untuk pertama kali ke sistem langsung diberi kelas tertinggi. Mekanisme ini mencegah proses yang perlu berjalan lama swapping berkali-kali  dan mencegah proses-proses interaktif yang singkat harus menunggu lama.

D.  Shortest Remaining First (SRF)
Merupakan :
*      Penjadwalan berprioritas.dinamis.
*      Adalah preemptive untuk timesharing
*      Melengkapi SJF
Pada SRF, proses dengan sisa waktu jalan diestimasi terendah dijalankan, termasuk proses-proses yang baru tiba.
*      Pada SJF, begitu proses dieksekusi, proses dijalankan sampai selesai.
*      Pada SRF, proses yang sedang berjalan (running) dapat diambil alih proses baru dengan sisa waktu jalan yang diestimasi lebih rendah.
Kelemahan :
*      Mempunyai overhead lebih besar dibanding SJF. SRF perlu penyimpanan waktu  layanan yang telah dihabiskan job dan kadang-kadang harus menangani peralihan.
*      Tibanya proses-proses kecil akan segera dijalankan.
*      Job-job lebih lama berarti dengan lama dan variasi waktu tunggu lebih lama  dibanding pada SJF.
 SRF perlu menyimpan waktu layanan yang telah dihabiskan, menambah overhead. Secara teoritis, SRF memberi waktu tunggu minimum tetapi karena overhead peralihan, maka pada situasi tertentu SFJ bisa memberi kinerja lebih baik disbanding SRF.

E.  Guaranteed Scheduloing (GS)
      Penjadwalan ini memberikan janji yang realistis (memberi daya pemroses yang sama) untuk membuat dan menyesuaikan performance adalah jika ada N pemakai, sehingga setiap proses (pemakai) akan mendapatkan 1/N dari daya pemroses CPU. Untuk mewujudkannya, sistem harus selalu menyimpan informasi tentang jumlah waktu CPU untuk semua proses sejak login dan juga berapa lama pemakai sedang login. Kemudian jumlah waktu CPU, yaitu waktu mulai login dibagi dengan n, sehingga lebih mudah menghitung rasio waktu CPU. Karena jumlah waktu pemroses tiap pemakai dapat diketahui, maka dapat dihitung rasio antara waktu pemroses yang sesungguhnya harus diperoleh, yaitu 1/N waktu pemroses seluruhnya dan waktu pemroses yang telah diperuntukkan proses itu.Rasio 0,5 berarti sebuah proses hanya punya 0,5 dari apa yang waktu CPU miliki dan rasio 2,0 berarti sebuah proses hanya punya 2,0 dari apa yang waktu CPU miliki. Algoritma akan menjalankan proses dengan rasio paling rendah hingga naik ketingkat lebih tinggi diatas pesaing terdekatnya. Ide sederhana ini dapat diimplementasikan ke sistem real-time  dan memiliki penjadwalan berprioritas dinamis.

2.3  Algoritma Nonpreemptive
A.  First In First Out (FIFO) atau FCFS (First Come First Serve)
Merupakan :
*      Penjadwalan tidak berprioritas.
FIFO adalah penjadwalan paling sederhana, yaitu :
*      Proses-proses diberi jatah waktu pemroses berdasarkan waktu kedatangan.
*      Pada saat proses mendapat jatah waktu pemroses, proses dijalankan sampai selesai.
Penilian penjadwalan ini berdasarkan kriteria optimasi :
*      Adil 
      Adil dalam arti resmi (proses yang datang duluan akan dilayani lebih dulu), tapi dinyatakan tidak adil karena job-job yang perlu waktu lama membuat job-job pendek menunggu. Job-job yang tidak penting dapat membuat job-job penting menunggu lama.
*      Efisiensi
      Sangat efisien.
*      Waktu tanggap
      Sangat jelek, tidak cocok untuk sistem interaktif apalagi untuk sistem waktu nyata.
*      Turn around time
      Jelek.
*      Throughtput
      Jelek.
FIFO jarang digunakan secara mandiri, tetapi dikombinasikan dengan skema lain, misalnya: Keputusan berdasarkan prioritas proses. Untuk proses-pross berprioritas sama diputuskan berdasarkan FIFO.
Penjadwalan ini :
a.       Baik untuk sistem batch yang sangat jarang berinteraksi dengan pemakai. 
      Contoh : aplikasi analisis numerik, maupun pembuatan tabel.
b.      Sangat tidak baik (tidak berguna) untuk sistem interaktif, karena tidak memberi waktu tanggap yang baik.
c.       Tidak dapat digunakan untuk sistem waktu nyata (real-time applications).

B.  Shortest Job First (SJF)
      Penjadwalan ini mengasumsikan waktu jalan proses sampai selesai diketahui sebelumnya. Mekanismenya adalah menjadwalkan proses dengan waktu jalan terpendek lebih dulu sampai selesai, sehingga memberikan efisiensi yang tinggi dan turn around time rendah dan penjadwalannya tak berprioritas.
      SJF adalah algoritma penjadwalan yang optimal dengan rata-rata waktu tunggu
yang minimal. Misalnya terdapat empat proses dengan panjang CPU burst dalam
milidetik.
Penjadwalan proses dengan algoritma SJF (non-preemptive) dapat dilihat pada gant chart berikut :


BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan

         Klasifikasi lain selain berdasarkan dapat/tidaknya suatu proses diambil secara
paksa adalah klasifikasi berdasarkan adanya prioritas di proses-proses, yaitu :
1.   Algoritma penjadwalan tanpa berprioritas.
2.   Algoritma penjadwalan berprioritas, terdiri dari :
a.       Berprioritas statik
b.      Berprioritas dinamis
            Semua proses dianggap penting sehingga diberi sejumlah waktu oleh pemroses yang disebut kwanta (quantum) atau time slice dimana proses itu berjalan. Jika proses masih running sampai akhir quantum, maka CPU akan mempreempt proses itu dan memberikannya ke proses lain.
            Switching dari satu proses ke proses lain membutuhkan kepastian waktu yang digunakan untuk administrasi, menyimpan, memanggil nilai-nilai register, pemetaan memori, memperbaiki tabel proses dan senarai dan sebagainya.


DAFTAR RUJUKAN


Definisi Penjadualan CPU.2008
            (http://bebas.vlsm.org/v06/Kuliah/SistemOperasi/2003/23/produk/20proses1/def     nisipenjadualancpu.html, diakses 23 Oktober 2010).
Penjadwalan CPU.Ilmukomputer.2007
       (http://www.ilmukomputer.org/wp-content/uploads/2007/12/4-penjadwalan            cpu.pdf, diakses 23 Oktober 2010).

0 komentar:

Posting Komentar